Kathy Blog's

Lifestyle dan Review Blogger

6 Tips Hemat Wisata Backpacker ke Korea Selatan

Tips Hemat Wisata Backpacker ke Korea Selatan

Kathy Brier – Wisata backpacker memang menjadi salah satu opsi liburan paling rasional bagi mereka yang dompetnya pas-pasan. Namun meskipun pas-pasan, terkadang kita ingin sekali berlibur ke tempat-tempat wisata first class salah satunya yaitu Korea Selatan. Korea Selatan menjadi sangat terkenal karena dua hal – pertama karena negara tersebut memiliki banyak spot wisata dan yang kedua karena banyaknya orang yang sangat tergila-gila dengan drama Korea atau K-Pop. Berlibur ke Korea Selatan tidaklah murah, namun Anda bisa mencoba wisata backpacker kok. Nah berikut ini hadiah.me akan mengulas 6 tips hemat wisata backpacker ke Korea Selatan, semoga membantu Anda yang ingin liburan ke Negeri Ginseng namun terkendala biaya.

1. Menginaplah di Hostel

Wisata backpacker ke Korea Selatan pastilah sangat menyenangkan, khususnya jika Anda tidak menginap di hotel. Hotel-hotel di Korea Selatan khususnya di kota-kota besar seperti Seoul atau Busan sangatlah mahal, jadi sangat tidak disarankan bagi para backpacker dimanapun berada untuk tinggal di hotel! Nah opsi tempat penginapan yang paling tepat bagi backpacker yaitu hostel. Meskipun tidak senyaman di hotel (tergantung Anda menyikapinya), namun biayanya sangat murah. Pemilik hostel ‘pun biasanya sangat ramah dan akan menjamu Anda layaknya keluarga sendiri. Namun sebelum booking hostel di Korea Selatan, sebaiknya lakukan pencarian mendalam terlebih dahulu. Hostel yang biayanya murah memang cocok untuk backpacker, namun pastikan hostel tersebut berada pada lokasi yang tepat – dekat dengan moda transportasi.

 

2. Perbanyak Jalan Kaki

Tips wisata backpacker di Korea Selatan lainnya yaitu perbanyaklah jalan kaki. Anda memang bisa menggunakan moda transportasi kilat seperti kereta bawah tanah, namun untuk menghemat biaya, sebaiknya perbanyak lah jalan kaki. Selain itu, keuntungan berjalan kaki lainnya yaitu Anda bisa melihat sisi lain dari Korea Selatan. Anda bisa jalan-jalan disepanjang trotoar untuk melihat toko-toko unik yang ada di pinggir jalan, menemukan street food yang aneh namun ternyata enak, atau mungkin bertemu perempuan atau pria kece – semuanya mungkin saja asal Anda jalan kaki!

 

3. Gunakan Kartu T-Money

Jalan kaki memang murah dan menyenangkan, namun pada satu titik, kaki Anda sudah tak mampu lagi melangkah terlalu jauh. Itulah mengapa Anda harus menggunakan kereta bawah tanah. Nah agar bisa menggunakan moda transportasi ini, Anda harus memiliki T-Money yang merupakan kartu transportasi resmi kereta bawah tanah. T-Money sangat berguna terutama untuk menjangkau spot-spot wisata yang jaraknya sangat jauh. Kartu T-Money ini bisa didapatkan dengan mudah di toko-toko yang ada di Korea Selatan. Anda bisa melakukan top up sesuai dengan budget yang Anda miliki.

 

4. Berburu Makanan di Toko Serba Ada

Bagi backpacker, haram hukumnya makan di restoran fine dining karena harga makanan/minumannya sangat mahal. Apalagi di Korea Selatan, jangan harap bisa berhemat jika nekat berburu kuliner di restoran-restoran mewah. Nah opsi paling tepat untuk menemukan makanan enak, sehat, sekaligus murah yaitu di toko serba ada atau convenience store. Anda bisa mendapatkan menu kimbap dengan harga hanya 1500 won atau sekitar 20 ribu saja. Selain kimbap, backpacker juga bisa menemukan makanan-makanan enak lainnya seperi burger, sandwich, samyang, sosis dan lain-lain.

 

5. Jangan Hanya Liburan di Seoul

Seoul memang merupakan kota paling populer di Korea Selatan, namun bukan berarti Anda harus terus berada di Seoul sepanjang liburan. Anda bisa menjajal destinasi-destinasi wisata lainnya yang tak kalah keren salah satunya yaitu Gyeongju. Gyeongju merupakan kota yang terletak di pesisir pantai dan memiliki banyak bangunan-bangunan bersejarah yang sangat eksotis. Selain itu biaya hidup di Gyeongju jauh  lebih murah daripada Seoul atau Busan. Jika Anda suka mendaki, maka Anda bisa mengunjungi Taman Nasional Seoraksan. Jadi saat backpacking di Korea, jangan malas-malas mengeksplor destinasi-destinasi wisata lain diluar kota-kota besar.

 

6. Bawalah Ransel yang Ringan

Sebelum Anda backpacker ke Korea Selatan, sebaiknya persiapkan ransel yang super ringan. Ransel ringan tersebut akan sangat berguna terutama karena di Korea Selatan terdapat sangat banyak tangga, jadi dengan membawa ransel yang ringan, perjalanan wisata backpacker ‘pun menjadi jauh lebih menyenangkan.